Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Cara Mengatasi Memori Card (microSD) Tidak Terbaca di HP

Tak sedikit orang yang mengalami masalah di mana microSD atau memory card tidak terbaca saat dipasang ke HP. Tentunya masalah ini bisa sangat menjengkelkan, apalagi jika banyak data penting tersimpan di sana.

Tapi tak perlu panik, dalam artikel ini Maswisnu.com akan menjelaskan beberapa solusi yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi masalah ini. Mari kita mulai dari solusi yang pertama berikut ini.

1. Cek Kondisi Fisik microSD

Cara mengatasi memori card tidak terbaca di hp
Foto: Lisa Fotios (Pexels)

Langkah awal adalah memastikan microSD dalam kondisi baik. Silahkan keluarkan memori dari HP dan lakukan pengecekan: apakah ada kerusakan fisik seperti goresan atau retakan.

Jika ada, bisa jadi itulah penyebabnya.

Bersihkan juga konektor emas pada microSD dengan lembut menggunakan penghapus karet atau kain bersih untuk menghilangkan debu atau kotoran yang mungkin menghalangi koneksi.

2. Cobalah Pasang Memori ke Device Lain

Pasang microSD ke HP lain
Foto: Silvie Lindemann (Pexels)

Untuk memastikan apakah masalahnya ada di microSD atau ponsel, coba pasangkan microSD di device lain, seperti komputer atau HP lain. Jika terbaca di device lain, berarti masalahnya ada pada HP kamu, bukan microSD-nya.

3. Restart / Reboot HP

Langkah sederhana yang sering kali efektif adalah dengan me-restart HP. Silahkan tahan tombol Power, lalu pilih menu Restart atau Reboor.

Selanjutnya keluarkan memori microSD, dan kemudian pasang kembali, lalu nyalakan lagi HP nya.

Menurut pengalaman, cara ini kadang sering work untuk mengatasi memori card yang gak kebaca. Karena kadang kala, sistem memang perlu di-refresh untuk bisa detect microSD lagi.

4. Format microSD

Jika microSD terbaca di device lain, tapi tidak di HP mu, bisa jadi ada masalah pada format atau sistem file-nya. Pastikan untuk mem-backup semua data penting terlebih dahulu, karena proses format akan menghapus semua data di dalamnya.

Setelah semua data dalam memori card sudah dibackup, lakukan format microSD pake komputer atau ponsel lain, lalu coba pasang kembali di HP kamu.

5. Cek Kompatibilitas

Tidak semua microSD kompatibel dengan semua jenis HP. Pastikan microSD yang digunakan sesuai dengan spesifikasi HP.

Beberapa HP mungkin hanya mendukung kapasitas tertentu atau tipe tertentu dari microSD, seperti microSDHC atau microSDXC.

6. Update Sistem (OS)

Kadang kala masalah atau bug pada OS HP kita bisa menyebabkan microSD tidak bisa terbaca.

Cek apakah ada pembaruan sistem operasi yang tersedia dan lakukan update jika perlu. Pembaruan sistem sering kali membawa perbaikan untuk berbagai masalah, termasuk kompatibilitas perangkat.

7. Gunakan Aplikasi Pihak Ketiga

Ada beberapa aplikasi di Play Store yang bisa membantu mengidentifikasi dan memperbaiki masalah pada microSD.

Aplikasi seperti SD Insight atau DiskDigger bisa dipakai untuk cek kondisi memori card dan mencari tahu dimana letak masalahnya.

8. Ganti dengan MircroSD Baru

Seperti barang elektronik lainnya, memori card juga bisa rusak seiringn bertambah tua usia nya. Apalagi jika memori nya brand gak jelas, KW atau barang murah, maka biasanya belum ada 3 tahun sudah rusak.

Kerusakan microSD karena umur ini memang tidak bisa diatasi dengan cara lain selain membeli microSD baru. Memang sangat disayangkan, apalagi jika didalamnya banyak data penting.

9. Bawa ke Teknisi

Jika semua cara sudah dicoba dan tetap tidak berhasil, langkah terakhir adalah membawa HP dan microSD ke tukang servis. Barangkali sumber kerusakannya bukan pada microSD, tapi pada slot memori card nya yang sudah aus atau rusak.

Jika demikian, maka perlu bantuan teknisi untuk memperbaiki slot microSD pada HP tersebut agar memori card bisa terdetect lagi.

Kesimpulan

Memori microSD yang tidak terbaca bisa disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari masalah fisik, format, kompatibilitas, hingga masalah pada sistem ponsel. Dengan mengikuti solusi yang Maswisnu.com berikan di atas, diharapkan masalah tersebut bisa teratasi.

Maswisnu.com menyarankan kalian untuk selalu melakukan backup data ke Cloud Storage seperti Google Drive, Dropbox, MEGA atau OneDrive. Jangan mengandalkan memori card saja, karena ini memang rawan masalah, seperti file korup atau SDcard tidak terbaca.

Jadi jika masalah kehilangan data saat terjadi karena masalah seperti ini, kalian sudah tidak panik lagi. Semoga artikel ini bermanfaat.

Posting Komentar untuk "Cara Mengatasi Memori Card (microSD) Tidak Terbaca di HP"